Kamis, 01 Oktober 2020

Apa Itu Rumah Belajar?

Berbagi Info..

Rumah Belajar adalah salah satu portal pembelajaran berbasis TIK online yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom).

Portal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar yang lebih interaktif di kelas. Portal ini juga dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar alternatif, baik itu di dalam dan luar jam sekolah. 

Di dalam portal Rumah Belajar terdapat sejumlah fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar dan Laboratorium Maya . Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif unuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki.

Laboratorium Maya bisa digunakan secara online maupun offline. Laboratorium maya memberikan kesempatan kepada guru ataupun siswa untuk melakukan praktikum baik melalui internet secara langsung atau tanpa akses internet dengan cara mengunduh atau mendownload aplikasi laboratorium maya tersebut sehingga guru ataupun siswa dapat menggunakan laboratorium virtual ini dimana saja dan kapan saja.

Kelas maya adalah kelas yang diadakan di portal http://belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya. Nantinya guru akan membuat bahan ajar yang diupload di kelas maya dan siswa bisa mengikuti proses belajar mengajar secara virtual, dari rumah mereka masing-masing atau tempat manapun asal tersedia koneksi internet. Dalam Kelas Maya kemajuan proses belajar, dapat dipantau baik oleh guru, siswa, maupun orang tua. 

Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Manfaat Rumah Belajar bagi siswa adalah sebagai sumber belajar virtual, pengembangan kreativitas dan data portopolio siswa. Bagi Guru sebagai sumber referensi dan pembinaan profesi guru.  

Rumah Belajar memiliki kelebihan :
1. Menyediakan fasilitas belajar baik bagi siswa maupun bagi guru
2. Memiliki berbagai media pembelajaran (multimedia), teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi
3. Menyediakan kumpulan soal yang lengkap baik untuk latihan maupun try out ujian
4. Guru dapat memodifikasi dan mereproduksi rancangan pembelajaran dan materi pembelajaran
5. Siswa dapat mengembangan jaringan komunikasi dan kreativitas

Sumber dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dukungan dari MGMP Matematika Kota Palangka Raya terhadap Rumah Belajar

 Rabu, 07 Oktober 2020                                     Foto Bersama pengurus MGMP Matematika Kota Palangka Raya Pada hari ini, di SMPN 6...